makalah psikologi

KATA PENGANTAR
Kami panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan taufiq dan hidayahnya makalah ini dapat diselesaikan walaupun masih kurang dari kesempurnaan. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar studi islam.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada baginda nabi besar Muhammd SAW yang telah mengangkis ummat islam seluruhnya dari dunia kebodohan menuju dunia keilmuan yang penuh dengan pendidikan.
Kami ingin mengucapkan terimakasih kepada beberapa pihak yang telah berjasa dalam menyelesaikan makalah ini “pertama” kepada Dosen pembimbing “kedua” kepada para teman-teman mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syarifuddin Wonorejo Kedungjajang Lumajang “ketiga” kepada pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu, semoga Allah SWT.membalas kebaikannya dengan balasan yang lebih banyak.Amiin.
Kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kami mengharap kritik dan saran dari Dosen pembimbing dan segenab teman-teman demi kesempurnaan makalah ini.
Terlepas dari kekurangan-kekurangan makalah ini, kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca dan menjadikan amal saleh bagi kami. Amin yarobbal alamin.
Wonorejo, 30- 09-2012

Penulis
DAFTAR ISI

1. COVER 1
2. KATA PENGANTAR 1
3. DAFTAR ISI 2
4. BAB I PENDAHULUAN 3
a. Latar Belakang 3
b. Rumusan Masalah 3
c. Tujuan 3
5. BAB II PEMBAHASAN 4
A. Proses konsepsi dan tanda-tanda awal kehidupan manusia dalam kandungan 4
B. Tahap tahap perkembangan selama rentang kehidupan dalam kandungan 5
C. kelahiran manusia ke dunia dan kemungkinan permasalahan 7
6. BAB III keimpulan 8
7. DAFTAR PUSTAKA 9

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Masa didalam kandungan adalah masa dimana kita bisa berinteraksi langsung dengan sang buah hati, dikarenakan pada saat kehamilan kita dituntut untuk bisa menjadikan buah hati kita menjadi anak yang bisa dibanggakan , akan tetapi peran orang tua lah yang palig penting dalam hal ini . oleh karna itu sebelum kelahiran sang buah hati tersebut hendaknya kita mempersiapkan sagala sesuatunya mulai dari saat mereka masih dalam kandungan terutama dalam masalah gizi .
B. Rumusan masalah
a) Proses konsepsi dan tanda-tanda awal kehidupan manusia dalam kandungan?
b) Tahap tahap perkembangan selama rentang kehidupan dalam kandungan ?
c) kelahiran manusia ke dunia dan kemungkinan permasalahan?
C. Tujuan masalah
a) Mengetahui Proses konsepsi dan tanda-tanda awal kehidupan manusia dalam kandungan.
b) Memahami Tahap tahap perkembangan selama rentang kehidupan dalam kandungan.
c) Mengetahui kelahiran manusia ke dunia dan kemungkinan permasalahan.

Bab II
Pembahasan

A. Proses konsepsi dan tanda-tanda awal kehidupan manusia dalam kandungan
Kehamilan adalah hal yang alami terjadi kepada setiap wanita normal. Karena sifatnya yang alami inilah maka seringkali proses kehamilan dianggap biasa-biasa saja, dalam artian tidak dipersiapkan dengan baik kebutuhan ibu dan janin selama masa kehamilan. Sadarkah Anda bahwa kehamilan adalah proses menghasilkan keturunan yang nantinya akan mewarisi sifat, karakter dan budaya kita.
Baik suami maupun isteri hendaknya saling memahami bahwa pengetahuan selama masa kehamilan akan sangat membantu mereka mengenali tanda-tanda awal kehamilan, Calon orang tua yang pintar adalah mereka yang telah mempersiapkan masa kehamilan dan persalinan sebaik mungkin sehingga janin bisa tumbuh sehat di dalam rahim dan nanti akan terlahir dengan selamat
 Persiapan Fisik Dan Mental Sebelum Proses Kehamila
Proses kehamilan membutuhkan persiapan fisik dan mental antara suami dan isteri, terutama apabila calon ibu sedang menjalani kehamilan pertama. Kehamilan yang tidak direncanakan biasanya menghasilkan kondisi yang merugikan tumbuh kembang anak-anak kita.
Persiapan fisik yang harus dilakukan sebelum memutuskan hamil antara lain menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi secara seimbang. Kondisi tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus juga bisa mempengaruhi kesuburan sehingga wanita perlu menjaga berat badan ideal agar cepat hamil.
Mempersiapkan fisik juga berarti Anda harus menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan. Kebiasaan tidak baik yang sering dilakukan misalnya merokok, minum minuman beralkohol dan mengkonsumsi narkoba. Beberapa kebiasaan buruk tersebut mempengaruhi tingkat kesuburan pasangan suami isteri sehingga perlu ditinggalkan. Uji kesuburan perlu dilakukan agar kedua belah pihak menyadari pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mempersiapkan kehamilan. Uji kesuburan perlu dilakukan oleh kedua belah pihak, baik suami maupun pihak isteri.
Hal lain yang tidak boleh kita lupakan adalah mempersiapkan mental sebelum proses kehamilan. Kesiapan mental memiliki anak pada umumnya dipengaruhi oleh kondisi keuangan pasangan suami isteri.
B. tahap-tahap perkembangan selama rentang kehidupan dalam kandungan
Tahap tahap perkembangan manusia memiliki fase yang cukup panjang. Untuk tujuan pengorganisasian dan pemahaman, kita umumnya menggambarkan perkembangan dalam pengertian periode atau fase perkembangan. Klasifikasi periode perkembangan yang paling luas digunakan meliputi urutan sebagai berikut: Periode pra kelahiran, masa bayi, masa awal anak-anak, masa pertengahan dan akhir anak anak, masa remaja, masa awal dewasa, masa pertengahan dewasa dan masa akhir dewasa.
Perkiraan rata rata rentang usia menurut periode berikut ini memberi suatu gagasan umum kapan suatu periode mulai dan berakhir. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pada setiap periode tahap tahap perkembangan manusia dalam buku Life-Span Development oleh John Santrock:
 Periode prakelahiran (prenatal period)
ialah saat dari pembuahan hingga kelahiran. Periode ini merupakan masa pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel tunggal hingga menjadi organisme yang sempurna dengan kemampuan otak dan perilaku, yang dihasilkan kira kira dalam periode 9 bulan.

 Masa bayi (infacy)
ialah periode perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung pada orang dewasa. Banyak kegiatan psikologis yang terjadi hanya sebagai permulaan seperti bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensorimotor, dan belajar sosial.

 Masa awal anak anak (early chidhood)
yaitu periode pekembangan yang merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya disebut dengan periode prasekolah. Selama masa ini, anak anak kecil belajar semakin mandiri dan menjaga diri mereka sendiri, mengembangkan keterampilan kesiapan bersekolah (mengikuti perintah, mengidentifikasi huruf), dan meluangkan waktu berjam jam untuk bermain dengan teman teman sebaya. Jika telah memasuki kelas satu sekolah dasar, maka secara umum mengakhiri masa awal anak anak.
 Masa pertengahan dan akhir anak anak (middle and late childhood)
ialah periode perkembangan yang merentang dari usia kira kira enam hingga sebelas tahun, yang kira kira setara dengan tahun tahun sekolah dasar, periode ini biasanya disebut dengan tahun tahun sekolah dasar. Keterampilan keterampilan fundamental seperti membaca, menulis, dan berhitung telah dikuasai. Anak secara formal berhubungan dengan dunia yang lebih luas dan kebudayaan. Prestasi menjadi tema yang lebih sentral dari dunia anak dan pengendalian diri mulai meningkat.
 Masa remaja (adolescence)
ialah suatu periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah dada, perkembangan pinggang dan kumis, dan dalamnya suara. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol (pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar keluarga.
 Masa awal dewasa (early adulthood)
ialah periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia duapuluhan tahun dan yang berakhir pada usia tugapuluhan tahun. Ini adalah masa pembentukan kemandirian pribadi dan ekonomi, masa perkembangan karir, dan bagi banyak orang, masa pemilihan pasangan, belajar hidup dengan seseorang secara akrab, memulai keluarga, dan mengasuh anak anak.

 Masa pertengahan dewasa (middle adulthood)
ialah periode perkembangan yang bermula pada usia kira kira 35 hingga 45 tahun dan merentang hingga usia enampuluhan tahun. Ini adalah masa untuk memperluas keterlibatan dan tanggung jawab pribadi dan sosial seperti membantu generasi berikutnya menjadi individu yang berkompeten, dewasa dan mencapai serta mempertahankan kepuasan dalam berkarir.
 Masa akhir dewasa (late adulthood)
ialah periode perkembangan yang bermula pada usia enampuluhan atau tujuh puluh tahun dan berakhir pada kematian. Ini adalah masa penyesuaian diri atas berkurangnya kekuatan dan kesehatan, menatap kembali kehidupannya, pensiun, dan penyesuaian diri dengan peran peran sosial baru.
beratnya mencapai sekitar 8 juta kali lebih besar dibanding berat sel telur yang membentuknya.
C. kelahiran manusia ke dunia dan kemungkinan permasalahan
Factor kelahiran manusia kedunia ini adalah bertemunya dua sel, yaitu sel sperma dan sel telur yang disebutlah sebagai Pembuahan. sperma yang jumlahnya berjuta-juta itu dengan bersemangat memperebutkan seorang sel telur yang lepas malu-malu dari ovarium, lalu ketika mereka bertemu dan bersatu, sel telur yang telah dibuahi ini pun meluncur turun dari tuba falopii menuju rahim dan menempelkan dirinya di dinding rahim (endometrium) proses ini disebut implantasi, sehingga sampai ke proses kelahiran.
 Sepuluh masah dalam melahirkan
1. Bayi tidak lahir dalam 12 jam sejak terasa mulas
2. Keluar darah dari jalan lahir sebelum melahirkan
3. Tali pusat atau tangan/kaki bayi terlihat pada jalan lahir
4. Tidak kuat mengejan
5. Mengalami kejang-kejang
6. Air ketuban keluar dari jalan lahir sebelum terasa mulas
7. Air ketuban keruh dan berbau
8. Setelah bayi lahir, ari-ari tidak keluar
9. Gelisah atau mengalami kesakitan yang hebat
10. Keluar darah banyak ketika bayi lahir

Bab III
Kesimpulan
Kehamilan adalah hal yang alami terjadi kepada setiap wanita normal. Karena sifatnya yang alami inilah maka seringkali proses kehamilan dianggap biasa-biasa saja,
dalam artian tidak dipersiapkan dengan baik kebutuhan ibu dan janin selama masa kehamilan.
Tahap tahap perkembangan manusia memiliki fase yang cukup panjang. Untuk tujuan pengorganisasian dan pemahaman, kita umumnya menggambarkan perkembangan dalam pengertian periode atau fase perkembangan.

Daftar pustaka
http://www.seksualitas.net/proses-kehamilan.htm
http://www.psikologizone.com/fase-fase-perkembangan-manusia/06511465
http://maz-rozie.blogspot.com/2011/01/tahap-perkembangan-janin-dalam.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s